HANDAL TANGGUH PROFESIONAL

Thursday, March 14, 2019

HANDY TALKY - HT SATPAM

HANDY TALKY - HT SATPAM

HT SATPAM
HANDY TALKY - HT SATPAM


HANDY TALKY-HT merupakan alat komunikasi yang biasa digunakan aparat keamanan TNI dan POLRI di dalam menjalankan tugasnya, agar bisa terhubung antara aparat yang satu dengan aparat lainnya, begitu juga dengan Satpam, didalam menjalankan tugas biasanya seorang anggota satpam dibekali HT untuk digunakan sebagai alat komunikasi untuk melaporkan situasi area tugasnya.

Handy Talky (HT) Berfungsi untuk memberikan laporan dan koordinasi dengan petugas jaga/ personil lain. Laporan-laporan tersebut dapat dilakukan untuk menginformasikan situasi yang terjadi di ploting masing-masing. Bilamana ada sesuatu hal di ploting, segera laporkan kepada personil yang lain menggunakan HT agar dapat diketahui dan apabila diperlukan bantuan.

Selama dalam piket seorang keamanan yang memiliki fasilitas HT, dan di larang keras mematikan sarana tersebut, guna mendapatkan laporan dari rekan-rekan sesama petugas jaga.

Di dalam berbicara menggunakan HT  biasanya menggunakan bahasa sandi, tujuannya agar masyarakat umum yang ada di sekitar tidak mengetahui apa yang di bicarakan.

Sandy sandi HT yang biasa digunakan anggota Satpam merujuk pada sandi sandi HT pihak kepolisian, karena Satpam sendiri merupakan Pam swakarsa (pengamanan terbatas) yang merupakan Mitra kepolisian dalam menegakkan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerjanya.

Sebelum menggunakan HT, terlebih dahulu periksa kemampuan batterynya  dengan cara melihat lampu signalnya jika berkedip-kedip maka itu tandanya kemampuan baterenya sudah lemah atau hampir habis dan perlu diisi kembali (charging).

Untuk mengisi ulang battery, HT harus terlabih dahulu dalam keadaan “off“. Sebelum battery terisi penuh, HT jangan diambil dahulu dari chargernya.

Tanda baterynya sudah terisi penuh, lampu signal akan berwarna hijau, dan HT siap dipakai.

Cara memanggil dengan HT yang benar :

Sebutkan call-sign (nama panggilan tersebut) yang akan kita panggil/ hubungi, baru sebutkan “ Call Sign “ pemanggil. Contoh : rajawali 1, rajawali panggil, ada muatan untuk anda, ganti! jawab : Masuk dan bongkar muatannya rajawali ganti! 

Setelah pembicaraan selesai, selalu akhiri kata dengan kata : SOLO BANDUNG, Sampai-berikutnya.

HT SATPAM