HANDAL TANGGUH PROFESIONAL

Sunday, January 27, 2019

ETIKA PROFESI SATPAM

DEFINISI ETIKA DAN PROFESI
Etika Profesi Satpam adalah Ilmu mengenai kewajiban moral yang harus dilakukan oleh seorang Anggota Satpam. Kewajiban moral ini memiliki penuntun yang tercantum di dalam Prinsip Prinsip Penuntun Satuan Satpam.

Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral. Profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian/ keterampilan, kejuruan, dll.
Profesi Satpam adalah profesi yang menuntut moral kepribadian yang baik, sehingga akan tercapai layanan yang standar terhadap user.

Tugas Pokok satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban. Menjaga, mengamankan asset milik pengguna.

Profesi satpam juga dituntut akan profesionalisme kerja dan kompetensi dalam bertugas. Hal tersebut akan membuat anda lebih dihargai dan akan terus dipakai oleh user. Dalam rangka menuju peningkatan profesionalisme dan kompetensi, anggota satpam wajib memegang teguh kode etik dalam bekerja sebagai satpam.

Kode etik satpam yang wajib DI TA'ATI :

Kesetiaan - Loyalty
Terhadap perusahaan dan user harus memiliki kesetiaan yang tinggi. Dengan memberikan perhatian kepada setiap orang tanpa terkecuali sehingga tidak adanya perbedaan dalam menjalankan dan melindungi pihak manapun.

Menjadi Contoh yang baik - Exemplary Conduct
Menegakan peraturan secara adil dan profesional, oleh karena itu adanya suatu bentuk contoh dan teladan dalam melaksanakan peraturan yang jalankan sehingga siapapun akan turut mematuhi peraturan perusahaan.

Keselamatan dan Keamanan - Safety and Security
Rasa aman, nyaman yang diberikan oleh satpam kepada perusahaan. dengan meyakinkan bahwa dengan adnya rasa aman maka dapat anda mengamankan seluruh aset, karyawan, asset informasi dan kegiatan lainnya, sehingga keselamatan dan keamanan dapat jalankan.

Kejujuran - Honesty
Pokok utama adalah Sifat kejujuran. Dengan kejujuran maka dapat dipercaya oleh perusahaan untuk menjalankan setiap tugas tanpa ada perasaan khawatir dari semua pihak.

Disiplin - Self Discipline
DisipliN merupakan kewajiban sebagai seorang satpam saat bertugas. Dengan disiplin dalam menjalankan tugas, keamanan dan kenyamanan akan tercapai dengan baik.

Keadilan tanpa prasangka - Prejudice
Dalam bertugas harus tetap adanya suatu kewaspadaan, akan tetapi perlakuan kewaspadaan kepada setiap orang tanpa menandang pangkat dan jabatan, status dari orang tersebut. Hal ini akan membuat orang tidak merasa diperlakukan tidak adil.

Waspada dalam melaksanakan Tugas
Tidak ada seorangpun yang tahu, kapan kejahatan/kecelakaan/musibah akan terjadi, jadi pada saat bertugas kita wajib waspada, sikap siap sedia, siaga, teliti, berhati-hati, berjaga-jaga dan lawannya adalah sifat lalai dan lengah.

Jadi Sobat SATPAM….
Seorang satpam harus memperhatikan etika atau kode etik, karena anggota satpam yang berprilaku dan berkepribadian yang baik dan jujur akan meningkatkan citra profesional dimanapun bertugas.