HANDAL TANGGUH PROFESIONAL

Thursday, November 5, 2020

CARA MENANGANI KELUHAN KOMPLIN KLIEN SATPAM

CARA MENANGANI KELUHAN KOMPLIN KLIEN SATPAM

CARA MENANGANI KELUHAN KLIEN
CARA MENANGANI KELUHAN KOMPLIN KLIEN SATPAM

Menangani Keluhan (Komplen)Atasi dan laporkan keluhan sesegera mungkin.

Prosedur :

  1. Meminta maaf kepada tamu atas ketidak nyamanan tersebut.
  2. Tanyakan kepada tamu apa yang di kehendaki atau yang menjadi keluhannya.
  3. Mendengarkan komplain tanpa memotong pembicaraan.
  4. Tunjukan rasa empati, perhatian dan keinginan untuk membantu.
  5. Nyatakan bahwa semua keluhan atau Masalahnnya akan segera ditangani
  6. Mengatakan apa yang hendak dilakukan untuk menangani masalah
  7. Menyarankan alternatif pemecahan atas keluhannya
  8. Selesaikan sekarang (bila mungkin), jika tidak tentukan waktu penyelesaiannya agar tamu tersebut merasa keluhannya di tanggapi.
  9. Catat keluhan tamu tsb dalam Buku Guest Complain Log Book.
  10. Segera informasikan masalah ini kepada pihak terkait (atasan) untuk memperoleh tindakan dan petunjuk selanjutnya.