CARA MENANGANI KELUHAN KOMPLIN KLIEN SATPAM
CARA MENANGANI KELUHAN KOMPLIN KLIEN SATPAM
Menangani Keluhan (Komplen) : Atasi dan laporkan keluhan sesegera mungkin.
Prosedur :
- Meminta maaf kepada tamu atas ketidak nyamanan tersebut.
- Tanyakan kepada tamu apa yang di kehendaki atau yang menjadi keluhannya.
- Mendengarkan komplain tanpa memotong pembicaraan.
- Tunjukan rasa empati, perhatian dan keinginan untuk membantu.
- Nyatakan bahwa semua keluhan atau Masalahnnya akan segera ditangani
- Mengatakan apa yang hendak dilakukan untuk menangani masalah
- Menyarankan alternatif pemecahan atas keluhannya
- Selesaikan sekarang (bila mungkin), jika tidak tentukan waktu penyelesaiannya agar tamu tersebut merasa keluhannya di tanggapi.
- Catat keluhan tamu tsb dalam Buku Guest Complain Log Book.
- Segera informasikan masalah ini kepada pihak terkait (atasan) untuk memperoleh tindakan dan petunjuk selanjutnya.