HANDAL TANGGUH PROFESIONAL

Tuesday, November 3, 2020

CARA MENANGANI ORANG MARAH, ILMU SATPAM

CARA MENANGANI ORANG MARAH, ILMU SATPAM


CARA MENANGANI ORANG MARAH
CARA MENANGANI ORANG MARAH, ILMU SATPAM

Cara Menangani Orang Yang Marah : Atasi dan laporkan sesegera mungkin.

Prosedur :

  1. Bila memungkinkan, ajak tamu ke tempat yang lebih nyaman dan tertutup.
  2. Persilahkan duduk.
  3. Persiapkan minuman kalau ada.
  4. Mendengarkan keberatan tanpa memotong pembicaraan.
  5. Memberikan rasa empati (memaklumi/memahami).
  6. Tidak terpancing emosi dan tetap berpikir rasional.
  7. Tidak berbicara dengan gaya berlebihan.
  8. Bila diperlukan minta maaf.
  9. Berbuat sesuatu untuk menangani masalah seperti, mencatat, mencari, membantu.
  10. Menjelaskan kebijakan yang tidak menyenangkan bagi pelanggan :
  11. Sampaikan rasa empati
  12. Dengarkan dan perhatikan keberatan dan keinginan pelanggan
  13. Gunakan teknik sedemikian rupa agar pelanggan mendapat kesimpulannya sendiri
  14. Turunkan suasana yang tegang dengan nada bicara ramah dan sopan tetapi tegas serta menjelaskan permasalahan dengan alasan yang rasional
  15. Untuk mencegah kebuntuan coba memberikan saran-saran sebagai alternatif
  16. Ajukan pertanyaan mengenai pendapat pelanggan tentang saran alternatif tersebut.
  17. Mencatat apa yang dikeluhkan pelanggan dan tindak lanjutnya.
  18. Catat keluhan tamu tsb dalam Buku Guest Complain Log Book.
  19. Segera informasikan masalah ini kepada pihak terkait (atasan) untuk memperoleh tindakan dan petunjuk selanjutnya.